Senin, 25 Februari 2019

Banyak Orang Tidak Tahu Bahwa 10 Teknologi Canggih Ini Diciptakan oleh Orang Muslim

Kalau ada yang bilang bahwa sebagian besar orang Islam atau Muslim adalah seorang teroris, mereka salah besar! karena fakta sejarah menunjukkan bahwa sejak lama Muslim di seluruh belahan dunia, memberikan banyak sumbangsih di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi
Dilansir dari mvslim.com, sesungguhnya ada 10 teknologi atau penemuan yang diciptakan oleh orang muslim. Berikut daftarnya:
BACA JUGA
  • 5 Ilmuwan MUSLIM Paling Berpengaruh di Dunia Teknologi!
  • Terungkap! Ini Sosok Hacker 'Muslim Cyber Army' Yang Asli
  • Terungkap! Pengakuan Astronot Muslim Tentang Bumi Bulat Dan Datar

10 Teknologi dan Penemuan yang Diciptakan oleh Seorang Muslim

teknologi-diciptakan-muslim (4)

1. Kopi

teknologi-diciptakan-muslim (1)
Lebih dari dua ratus tahun yang lalu, para buruh di seluruh dunia harus bekerja keras tanpa bantuan kopi. sampai suatu ketika ada orang Arab bernama Khalid, menemukan substansi sederhana, namun mengubah kehidupan ini.
Ketika kambing-kambingnya merumput di lereng Ethiopia, dia menyadari bahwa kambing miliknya menjadi kuat dan bersemangat setelah memakan biji-bijian tertentu yang kemudian diketahui bahwa itu adalah biji kopi. Alih-alih hanya makan "buah" tersebut, Khalid merebus untuk menciptakan "al-qahwa".

2. Jam

teknologi-diciptakan-muslim (1)
Seorang pria cerdik bernama al-Jazari dari Diyarbakir di Turki Tenggara adalah seorang Muslim dan seorang insinyur yang sangat terampil yang melahirkan konsep mesin otomatis. Pada 1206, al-Jazari telah membuat banyak jam dari segala bentuk dan ukuran. Hal ini wajar karena para muslim membutuhkan jam untuk mengetahui kapan waktunya Sholat wajib dan harus melakukan Adzan di Masjid.

3. Kamera

teknologi-diciptakan-muslim (2)
Ibn al-Haitham merevolusi optik, mengambil subjek dari yang sedang dibahas secara filosofis ke ilmu aktual berdasarkan eksperimen. Dia menolak gagasan Yunani bahwa cahaya tak terlihat yang memancar dari mata menyebabkan penglihatan, dan sebaliknya dengan tepat menyatakan bahwa penglihatan itu disebabkan oleh cahaya yang memantulkan objek dan memasuki mata.
Dengan menggunakan ruang gelap dengan lubang jarum di satu sisi dan selembar putih di sisi lain, ia memberikan bukti untuk teorinya. Cahaya datang melalui lubang dan memproyeksikan gambar terbalik dari benda-benda di luar ruangan pada lembar yang berlawanan. Dia menyebut ini "qamara". Itu adalah kamera obscura pertama di dunia

4. Parfum

teknologi-diciptakan-muslim (2)
Al-Kindi pernah menulis sebuah buku tentang parfum yang disebut "Book of the Chemical of Perfume and Distillations". Dia terkenal sebagai filsuf, tetapi juga seorang apoteker, dokter mata, fisikawan, ahli matematika, ahli geografi, astronom dan kimiawan.
Bukunya berisi lebih dari seratus resep untuk minyak wangi, salep, dan air aromatik. Tradisi lama pembuatan parfum dibuat oleh ahli kimia Muslim dan metode distilasi mereka: mereka menyuling tanaman dan bunga dan membuat parfum dan zat untuk apotek terapeutik.

5. Universitas

teknologi-diciptakan-muslim (3)
Dalam Al Qur'an, Umat muslim diwajibkan untuk mencari pengetahuan, mengamati dan mengamalinya. Jadi Fatima al-Fihri, seorang perempuan muda yang saleh dan singin memberikan komunitas belajar kepada Fez. Fatima sudah mendirikan Universitas sejak abad ke 8!
Beberapa masjid besar, al-Qarawiyin di Fez segera berkembang menjadi tempat untuk pengajaran agama dan diskusi politik. Ini secara bertahap memperluas pendidikannya ke semua mata pelajaran, terutama ilmu alam, dan sehingga mendapatkan namanya sebagai salah satu universitas pertama dalam sejarah.

6. Prototipe Pesawat Terbang

teknologi-diciptakan-muslim (4)
Abbas ibn Firnas adalah orang pertama yang melakukan upaya nyata untuk membangun mesin terbang dan benar-benar berhasil terbang. Pada abad ke-9 ia merancang alat bersayap yang kira-kira mirip dengan kostum burung.
Dalam percobaannya yang paling terkenal, dekat Cordoba di Spanyol, Firnas terbang ke atas selama beberapa saat, sebelum akhirnya jatuh dan mematahkan tulang punggungnya. Rancangannya ini menjadi inspirasi bagi seniman dan penemu terkenal Italia, Leonardo da Vinci, sekitar enam ratus tahun kemudian.

7. Peralatan Bedah

teknologi-diciptakan-muslim (3)
Kembali ke abad ke-10, kita bisa melihat sebuah operasi mutakhir yang dilakukan oleh Abul Qasim Khalaf ibn al-Abbad al-Zahrawi, seorang pria yang dikenal di Barat sebagai Abulcasis. Dia menulis al-Tadrif, ensiklopedia medisnya yang termasuk kitab yang disebut "On Surgery".
Hal yang mengejutkan adalah bahwa Abul Qasim Khalaf ibn al-Abbad al-Zahrawitelah menciptakan lebih dari dua ratus alat bedah. Ini adalah kitab pertama dalam sejarah kedokteran untuk menggambarkan penggunaan instrumen alat bedah yang masih digunakan sampai sekarang di dunia kedokteran.

8. Peta

teknologi-diciptakan-muslim (5)
Menurut sejarah, peta dibuat dari para traveler dan peziarah. Kaum Muslim sudah mulai berlayar sejak abad ke-7, untuk berdagang, untuk Mensyiar-kan agama Islam, atau untuk menjelajahi dunia tempat mereka tinggal.
Mereka berjalan-jalan, terkadang hanya mengumpulkan pengetahuan tentang tempat-tempat baru, dari mulut ke mulut, tetapi dengan diperkenalkannya kertas di Baghdad pada abad ke-8, peta dan panduan perjalanan pertama dapat diproduksi.

9. Musik

teknologi-diciptakan-muslim (6)
Apakah para penyanyi jaman now tahu bahwa musik sebenarnya ditemukan oleh orang Islam dari abad ke-9? Muslim yang menemukan notasi musik bernama Al-Kindi. Al-Kindi, menggunakan notasi musik: sistem penulisan musik. Mereka juga menamai nada dari skala musik dengan suku kata, bukan huruf, yang disebut solmisasi.
Suku kata ini membentuk skala dasar dalam musik sampai saat ini dan kita semua akrab dengan do, re, mi, fa,sol, la, si, do. Alfabet Arab untuk catatan ini adalah Dal, Ra, Mim, Fa, Sedih, Lam, Sin. Kesamaan fonetik antara skala hari ini dan abjad Arab yang digunakan pada abad ke-9 sangat mencengangkan.

10. Aljabar

teknologi-diciptakan-muslim (7)
Kata aljabar berasal dari judul sebuah risalah atau kitab terkenal abad 9 yang berjudul Kitab al-Jabr Wa l-Mugabala yang secara kasar diterjemahkan menjadi Kitab Penalaran dan Penyeimbangan .
Al-Khwarizmi adalah orang pertama yang memperkenalkan dan menemukan aljabar versi sederhana. Al-Khwarizmi, juga yang pertama memperkenalkan konsep menaikkan angka (1, 2, 3, 4, 5....dst).

Akhir Kata

Demikian pembahasan Jaka mengenai 10 teknologi dan penemuan canggih yang diciptakan oleh muslim. Bagi kamu yang seorang muslim, harus bersemangat dan berbangga diri agar bisa meneruskan jejak-jek mereka. Silakan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, tips & trik dan berita seputar teknologi
SUMBER :www.jalantikus.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar